Senin, 11 Juni 2012

Implant bawah kulit adalah teknologi masa depan?

Implant bawah kulit adalah teknologi masa depan?

Mungkin orang-orang di zaman dahulu akan terheran-heran dan kaget dikarenakan teknologi yang diciptakan manusia sekarang ini amat sangat maju dan canggih. Sekarang ini teknologi seakan sudah mengakar dalam kehidupan manusia. Banyak teknologi yang tidak hanya berbentuk suatu barang di yang dapat diraba dan dilihat saja, namun implant peralatan berteknologi, kini juga mulai dikembangkan.

Beberapa waktu lalu, BBC.co.uk mengabarkan bahwa beberapa ilmuwan di London Inggris tengah merancang dan menyempurnakan perangkat elektronik mereka yang dapat membantu orang-orang buta agar dapat melihat alam sekitarnya. Untuk mengoperasikan perangkat ini, maka diperlukan operasi kecil untuk menempatkan alat berteknologi ini ke bagian di belakang retina manusia.

Tidak hanya itu saja, menurut Time.com, beberapa hari lalu juga Seorang penggila tato bernama Dave Hurban juga telah memasang beberapa magnet di balik kulitnya untuk merekatkan iPod nano di tangan. Hurban menyebut pemasangan magnet ini dengan nama iDermal.

Ide memasang magnet di kulit seperti yang dilakukan oleh Hurban tersebut, sebuah perusahaan pencipta software dari Toronto, Amerika Serikat bernama Researchers at Autodesk menjadi terinspirasi. Perusahaan ini ingin mengembangkan ide Hurban tersebut lebih lanjut.

Apabila Hurban hanya memasang magnet untuk menancapkan iPad nano di kulit tangannya, maka Researchers at Autodesk ingin memasang perangkat teknologi seperti tombol, LED, bahkan Bluetooth di balik kulit. Namun, seperti yang diulas oleh Ubergizmo.com, apakah penggunaan perangkat teknologi di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama tidak berakibat apapun bagi tubuh manusia?
Memang, apabila teknologi implant ini dapat berhasil dengan sempurna, maka manusia tidak memerlukan perangkat lain kecuali tubuh mereka sendiri, namun, di sisi lain, teknologi implant ini juga dapat mengakibatkan tumbuhnya kanker. Apabila teknologi implant ini berhasil, mungkin karakter dalam film Terminator akan menjadi kenyataan.

Reporter: Dwi Andi Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar